TKJ

Source: http://amronbadriza.blogspot.com/2012/07/cara-membuat-judul-blog-bergerak.html#ixzz2BOIbtkiL

Kamis, 25 Oktober 2012

TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN


Tugas 4 Etika Profesi

Singkatan UUTE adalah Undang-undang transaksi elektronik

UUITE adalah Undang-undang informasi dan transaksi elektronik

Pelanggaran isi situs,web

a. Pornografi
Pornografi merupakan pelanggaran paling banyak terjadi di "dunia maya" dengan menampilkan foto, cerita atau gambar bergerak yang pemuatannya selalu berlindung di balik hak kebebasan berpendapat dan berserikat.

Alasan ini, sering digunakan di Indonesia oleh pihak-pihak yang terlibat dalam pornografi itu, sehingga situs-situs porno tumbuh subur karena mudah diakses melalui internet. Sementara itu, pelanggaran hak cipta sering terjadi baik pada situs web pribadi, komersial maupun akademisi berupa memberikan fasilitas download gratis baikfoto, lagu, softwere, film dan karya tulis dilindungi hak ciptanya.Selain itu, menampilkan gambar-gambar yang dilindungi hak cipta untuk latar belakang atau hiasan "web pages" dan merekayasa gambar atau foto orang lain tanpa izin, seperti banyak terjadi pada situs-situs porno.

b. Pelanggaran hak cipta
pelanggaran hak cipta sering terjadi baik pada situs web pribadi, komersial maupun akademisi berupa memberikan fasilitas download gratis baik foto, lagu, softwere, film dan karya tulis dilindungi hak ciptanya.

Selain itu, menampilkan gambar-gambar yang dilindungi hak cipta untuk latar belakang atau hiasan "web pages" dan merekayasa gambar atau foto orang lain tanpa izin, seperti banyak terjadi pada situs-situs porno.

Kejahatan dalam perdagangan secara elektronik
a. Contoh penipuan online

Penipuan online ciri-cirinya harga produk yang banyak diminati sangat rendah, penjual tidak menyediakan nomor telepon, tidak ada respon terhadap pertanyaan melalui e-mail dan menjanjikan produk yang sedang tidak tersedia.Risiko terburuk bagi korban kejahatan ini adalah telah membayar, namun tidak mendapat produk, atau produk yang didapat tidak sesuai dengan yang dijanjikan.

Contoh :
  • Peluang Mendulang Uang di internet
BISNIS INTERNET MUDAH & LEGAL. Mau berbisnis internet yang cepat menghasilkan RUPIAH, sangat cocok bagi pemula mudah pengoperasiannya dan murah tapi mendapatkan Rp.500 ribu /hari
  • Bisnis Online Pemula
Software ini di ciptakan khusus untuk pemula di bisnis internet. Mudah dan murah.Buruan .Tinggal di setting sesuai panduan, maka jadilah Site penghasil unag anda.
Tinggal duduk, dan biarkan Site anda bekerja 24 Jam/7 Hari.
  • TRIK MENDAPATKAN UANG BERLIMPAH DGN KEKUATAN PIKIRAN
"Rahasia Berbelanja dan Tarik Tunai Menggunakan Kartu ATM Tanpa Mengurangi Saldo Awal Tabungan Anda" selengkapnya baca TRIK MENDAPATKAN UANG BERLIMPAH DGNKEKUATAN PIKIRAN ini di Iklan Baris Gratis. Iklan Bisnis Internet Marketing Indonesia : Pemakaian Pulsa oleh 110 juta orang Indonesia tahun 2010 adalah pasar empuk untuk anda yang menjalankan bisnis pulsa dengan system viral marketing. Ketika anda memulainya sekarang maka anda bisa memperoleh penghasilan pasif yang besar
  • TRIK KURAS UANG BANK Dan SALDO REKENING ORANG LAIN !!!!!
Dengan trik rahasia dari kami, Anda bebas MENGURAS isi saldo rekening bank orang lain, sesuka anda ! Saldo rekening orang lain akan berpindah secara OTOMATIS. Raih kebebasan finansial melalui Banner Store yg akan menjadi trend supermarket 2010. Bergabunglah bersama kami di Internet… bisnis online banner store. Raih kebebasan finansial melalui Banner Store yg akan menjadi trend supermarket 2010. Bergabunglah bersama kami di Internet… bisnis online banner store.

b. Penipuan pemasaran berjenjang online
Penipuan pemasaran berjenjang online ciri-cirinya mencari keuntungan dari merekrut anggota dan menjual produk secara fiktif, dengan risiko bagi korban 98 persen investasi ini gagal atau rugi.

Contoh kejahatan dunia maya di mana komputer sebagai alat adalah spamming dan kejahatan terhadap hak cipta dan kekayaan intelektual. Contoh kejahatan dunia maya di mana komputer sebagai sasarannya adalah akses ilegal (mengelabui kontrol akses), malware dan serangan DoS, Contoh kejahatan dunia maya di mana komputer sebagai tempatnya adalah penipuan identitas. Sedangkan contoh kejahatan tradisional dengan komputer sebagai alatnya adalah pornografi anak dan judi online.

c. Penipuan kartu kredit
Penipuan kartu kerdit ciri-cirinya terjadi biaya misterius pada penagihan kartu untuk produk atau layanan internet yang tidak pernah dipesan, dengan risiko korban perlu waktu untuk melunasi kreditnya

Contoh:
Kartu Kredit dan Debit
BOSTON, Maret 29 (AP) — Informasi setidaknya dari 45.7 juta kartu kredit and debit yang telah dicuri oleh ahli komputer yang memperoleh akses ke TJX’s customer information dalam pelanggaran keamanan yang memberi discount kepada para pengecer yang telah ditutup lebih dari dua bulan lalu.

Tiket Pesawat
Saya tidak pernah memesan tiket dari pesawat terbang US, Saya tidak tahu Doug Arredondo, dan pertama kali yang saya lakukan, pada saat saya menerima E-mail dari seseorang yang saya tidak kenal.

Dalam kasus ini pengirim Email menginginkan kami untuk melihat dalam eTicet.zip file. Jika anda lakukan itu, program khusus akan dipasang dalam komputer anda, tanpa ilmu pengetahuan anda. Program ini mungkin akan dikirim dalam tulisan dalam keyboard anda untuk dikirim ke server. Hal khusus yang berhubungan dengan pembayaran Internet anda atau transaksi lainnya. Lalu mereka memiliki data kartu kredit anda, dan akan menguras rekening anda secara cepat.
Software update Pastikan anda mempunyai versi yang sah dari produk Microsoft dan siapkan komputer anda untuk mendownload secara otomatis dan memasang updates dan kelompok keamanan.

Jika anda klik link *Download the latest version* anda akan memasang beberapa program yang mungkin anda tidak inginkan dalam komputer anda. Sebenarnya yang dilakukan ini tidak di test, tetapi mungkin akan membuka komputer anda yang lain. Lalu mereka akan dapat menggunakan komputer anda untuk menangani yang lainnya, atau usia yang sama, ambil passwords anda, info kartu kredit dll.

Pelanggaran lainnya

a. Recretional hacker
recreational hacker umumnya bertujuan hanya untuk menjebol suatu sitem dan menunjukkan kegagalan atau kurang andalnya sistem keamanan pada suatu perusahaan.

b. Craker atau criminal minded hacker
Cracker atau criminal minded hacker motivasinya antara lain untuk mendapatkan keuntungan finansial dengan melakukan sabotase sampai pada penghancuran data.

c. Political hacker
Political hacher merupakan aktivitas politik melalui suatu situs web untuk menempelkan pesan atau mendiskreditkan lawan.

d. Denial of service Attack ( DOS )

Denial of service attack (DoS) merupakan penyerangan dengan cara membanjiri data yang besar dan mengakibatkan akses ke suatu situs web menjadi sangat lambat atau berubah menjadi macet atau tidak bisa diakses sama sekali.

Contoh dimana server dikirimi permintaan (biasanya palsu) yang bertubi-tubi atau permintaan yang diluar perkiraan sehingga tidak dapat melayani permintaan lain atau bahkan sampai down, hang, crash. mailbomb, dimana seorang pemakai dikirimi e-mail bertubi-tubi (katakan ribuan e-mail) dengan ukuran yang besar sehingga sang pemakai tidak dapat membuka e-mailnya atau kesulitan mengakses e-mailnya.

e. Viruses
Viruses berupa penyebaran sedikitnya 200 virus baru melalui internet dan biasanya disembunyikan dalam file atau e-mail yang akan di download atau melalui jaringan internet dan disket.

f. Pembajakan
pembajakan perangkat lunak yang menghilangkan potensi pendapatan suatu perusahaan yang memproduksinya seperti, games, aplikasi bisnis dan hak cipta lainnya.

g. Fraud
Fraud merupakan kegiatan manipulasi informasi khususnya tentang keuangan dengan target mengeruk keuntungan sebesar-besarnya.

contoh kasus fraud misalnya di Satyam, atau Madoff, Enron, WorldCom, Tyco, Adelphia,

h. Phising
Phishing merupakan teknik mencari personal information berupa alamat e-mail dan nomor account dengan mengirimkan e-mail seolah-olah datang dari bank bersangkutan.

Jumat, 22 Mei 2009

Tugas 3 Etika Profesi

Kejahatan pada komputer ( Hacker )

Penggunaan internet yang semakin meningkat, memberikan dampak positif dan dampak negatif bagi pihak yang menggunakannya. Dari sisi positif, internet dapat menembus batas ruang dan waktu, dimana antar pengguna dan penyedialayanan dapat melakukan berbagai hal di internet, tanpa mengenal jarak dan waktu.Sedangkan sisi negatif, pengaruh budaya luar yang dapat mempengaruhi budaya pengguna internet itu sendiri.Perkembangan kejahatan pun semakin luas dan beragam. Mulai dari internet abuse,hacking,cracking,carding dan sebagainya.

Kejahatan komputer dibagi atas 2 yaitu

1. Computer Fraud
2. Computer Crime
Rata Penuh
  1. Computer Fraud meliputi kejahatan/pelanggaran dari sistem organisasikomputer.
  2. Computer Crime merupakan kejahatan berbahaya dimana menggunakan media komputer dalam melakukan pelanggaran hukum ( Computer as a Tool ).

Istilah-istilah dalam Teknologi Informasi dan perbedaannya
  1. Phreaking adalah perilaku menjadikan sistem pengamanan telepon melemah.
  2. Hacker adalah Orang yang secara diam-diammempelajari sistem yang biasanya sukar dimengerti untuk kemudian mengelolanyadan men-share hasil uji coba yang dilakukannya.
  3. Snifer adalah peralatan yang dapat memonitor proses yangsedang berlangsung.
  4. Spoofing adalah Penggunaan komputer untuk meniru dengan cara menimpa identitas atau alat IP.
  5. Remote Attack adalah Segala bentuk serangan terhadap suatu mesin dimana penyerangnya tidak tidak memiliki kendali terhadap mesin tersebut karena dilakukan dari jarak jauh diluar sistem jaringan atau media transmisi.
  6. Hole adalah Kondisi dari Sofware atau hardware yang bisa diakses oleh pemakai yang tidak memiliki otoritas atau meningkatnya tingkat pengaksesan tanpa melalui proses otoritas.
  7. Craker adalah Orang yang secara diam-diam mempelajari sistem dengan maksud jahat, Muncul karena sifat dasar manusia yang slalu ingin membangun (salah satunya dengan merusak )
  8. Spamming adalah Mengirim email yang mungkin tidak dinginkan/tidak disukai oleh penerima email.
  9. Frimware adalah program yang disisipkan kedalam PROM (Programmable Read-Only Memory) untuk menjadi salah satu komponen tetap dalam piranti komputer seperti printer dan modem.
Ciri-ciri Cracker
1. Bisa membuat program c,c++ atau pearl
2. Memiliki pengetahuan TCP/IP
3. Menggunakan internet lebih dari 50 jam per bulan
4. Menguasai sistem operasi UNIX dan VMS
5. Suka mengoleksi software atau hardware lama

Penyebab Cracker melakukan penyerangan
1.Spite, kecewa, balas dendam
2.Sport, petualangan
3.Profit, mencari keuntungan dari imbalan orang lain
4.Stupidyti, mecari perhatian
5.Politic, alasan politis

Resiko Jaringan Komputer

Segala bentuk ancaman baik fisik maupun logik yang langsung atau tidak langsung mengganggu kegiatan yang sedang berlangsung dalam jaringan.

Minggu, 26 April 2009

TUGAS 2 Etika Profesi

PENGERTIAN PROFESI DAN PEKERJAAN
Istilah profesi telah dimengerti oleh banyak orang bahwa suatu hal yang berkaitan dengan bidang yang sangat dipengaruhi oleh pendidikan dan keahlian,tetapi dengan keahlian saja yang diperoleh dari pendidikan kejuruan, juga belum cukup disebut profesi. Tetapi perlu penguasaan teori sistematis yang mendasari praktek pelaksanaan, dan hubungan antara teori dan penerapan dalam praktek.

PROFESI, adalah pekerjaan yang dilakukan sebagai kegiatan pokok untuk menghasilkan nafkah hidup dan yang mengandalkan suatu keahlian.

Contoh Profesi pada Software engineer dapat dikatakan sebagai sebuah profesi karena seseorang yang bekerja sebagai software engineer haruslah berpengetahuan dan memiliki pengalaman kerja di bidangnya.

Pekerjaan
Pekerjaaan (occupation)adalah setiap aktivitas kerja, baik yang menghasilkan imbalan ataupun yang bersifat sukarela(tanpa imbalan).

Sebagai contoh, pekerjaan sebagai staf operator computer (sekedar mengoperasikan), tidak masuk dalam golongan profesi jika untuk bekerja sebagai staf operator tersebut tersebut tidak membutuhkan latar belakang pendidikan,pengetahuan dan pengalaman tertentu.

Pengertian Kode Etik Profesi

Kode etik Profesi adalah Kesatuan hubungan timbal balik antara manusia dengan alam (apabila manusia melestarikan alam dan alam memberikan kehidupan kepada manusia) agar dapat memahami arti kehidupan bersama.ataw Kode Etik Profesi bisa juga artikan sistem norma, nilai dan aturan profesional tertulis yang secara tegas menyatakan apa yang benar dan baik, dan apa yang tidak benar dan tidak baik bagi profesional. Kode etik menyatakan perbuatan apa yang benar atau salah, perbuatan apa yang harus dilakukan dan apa yang harus dihindari.

Perbedaan Profesi dan Pekerjaan

Profesi:

a. Mengandalkan suatu keterampilan atau keahlian khusus.

b. Dilaksanakan sebagai suatu pekerjaan atau kegiatan utama (purna waktu).

c. Dilaksanakan sebagai sumber utama nafkah hidup.

d. Dilaksanakan dengan keterlibatan pribadi yang mendalam.

Pekerjaan:

a. Tidak membutuhkan latar belakang pendidikan.

b. Tidak membutuhkan pengetahuan dan pengalaman
Mengapa orang melanggar Kode etik profesi???

Karena mereka menggangap Kode Etik Profesi itu tidak terlalu penting,contoh nya saja karena pengaruh sifat kekeluargaan,Pengaruh Jabatan atau pengaruh Konsumerisme.Sekarang masih banyak terdapat pelanggaran kode etik yang akan merugikan orang lain.

Contoh orang yang melanggar Kode Etik Profesi
- Kode etik profesi hakim menjadi pedoman bagi Hakim Indonesia, baik dalam menjalankan tugas profesinya yang bertujuan untuk mewujudkan keadilan dan kebenaran maupun dalam pergaulan sebagai anggota masyarakat yang harus dapat memberikan contoh dan suri tauladan dalam kepatuhan dan ketaatan kepada hukum. Tetapi kenyataannya sekarang Hakim banyak menyimpang dari kode etik tersebut. Faktanya bisa dilihat dari media massa ataupun cerita pribadi yang berupa pengalaman dengan melihat secara langsung. Tetapi, media massa kurang begitu mengekspose karena biasanya kasus pelanggaran kode etik ini tidak sampai ke publik.

Jumat, 17 April 2009

Tugas 1 Etika Profesi

Pengertian Etika dan Etiket

Etika berasal dari kata Yunani ETHOS yang berarti norma-norma, nilai-nilai, kaidah-kaidah dan ukuran-ukuran bagi tingkah laku manusia yang baik.

Etika memberi manusia orientasi bagaimana menjalankan hidup melalui rangkaian tindakan sehari-hari. Itu berarti etika membantu manusia untuk mengambil sikap dan bertindak secara tepat dalam menjalani hidup.

Etika adalah ilmu atau kajian formal tentang moralitas. Moralitas adalah ha-hal yang menyangkut moral, dan moral adalah sistem tentang motivasi, perilaku dan perbuatan manusia yang dianggap baik atau buruk.

Etiket adalah suatu sikap seperti sopan santun atau aturan lainnya yang mengatur hubungan antara kelompok manusia yang beradab dalam pergaulan.

Etika Dan Etiket Yang Baik Dalam Komunikasi

Berikut di bawah ini adalah beberapa etika dan etiket dalam berkomunikasi antar manusia dalam kehidupan sehari-hari :

1. Jujur tidak berbohong
2. Bersikap Dewasa tidak kekanak-kanakan
3. Lapang dada dalam berkomunikasi
4. Menggunakan panggilan / sebutan orang yang baik
5. Menggunakan pesan bahasa yang efektif dan efisien
6. Tidak mudah emosi / emosional
7. Berinisiatif sebagai pembuka dialog
8. Berbahasa yang baik, ramah dan sopan
9. Menggunakan pakaian yang pantas sesuai keadaan
10. Bertingkahlaku yang baik

Adapun perbedaan etika dan etiket adalah

1.Etika adalah niat,apakah perbuatan itu boleh dilakukan atau tidak sesuai pertimbangan niat baik atau buruk sebagai akibatnya.
Etiket adalah menetapkan cara,untuk melakukan perbuatan benar sesuai dengan yang diharapkan.

2.Etika adalah Nurani (bathiniah),bagaimana harus bersikap ethis dan baik yang sesunguhnya timbul dari kesadaran dirinya.
Etiket adalah Formalitas (lahiriah),tampak dari sikap luarnya penuh dengan sopan santun dan kebaikan.

3.Etika bersifat absolut, artinya tidak dapat ditawar-tawar lagi, kalau perbuatan baik mendapat pujian dan yang salah harus mendapatsanksi.
sedangkan etiket bersifat relatif, yaitu dianggap tidak sopan dalam suatu kebudayaan daerah tertentu,tetapi belum tentu di tempat daerah lainnya.

4.Etika berlakunya,tidak tergantung pada ada atau tidaknya orang lain yang hadir.
Etiket hanya berlaku,jika ada orang lain yang hadir, dan jika tidak ada orang lain maka etiket itu tidak berlaku.


Etiket menyangkut cara dalam pergaulan dan juga suatu perbuatan yg dilakukan manusia.


Perbedaan Orang Yang Beretiket Bisa Saja Munafik Dan Orang Beretika Tidak akan Munafik

Orang yang beretiket sering berpenampilan palsu, kalau dilihat dari kacamata manusia akan tampak sangat sopan, lemah lembut, dan familier, tapi hati dan pikirannya penuh dgn kekejian, kekejaman dan kebusukan.Orang seperti inilah yang disebut munafik. Sebab dia bersikap sopan hanya dihadapan orang saja, sementara dibelakang orang moralnya jelek.

Orang dapat memegang etiket namun munafik, misal nya saja seorang penipu, selalu menggunakan tutur kata yang manis dan lembut untuk menipu mangsa nya, dan orang yang beretika tidak mungkin munafik karena seandainya dia munafik maka dia tidak bersikap etis. Orang yang bersikap etis adalah orang yang sungguh-sungguh baik.

Seseorang yang selalu mendasarkan perbuatannya pada nilai moral dan suara hati nurani tidak mungkin akan munafik, sehingga walaupun ada atau tidak ada orang yang melihat perilakunya, ia akan tetap bertindak benar. Seseorang yang beretika tidak akan mungkin munafik karena etika tidak terbatas pada cara melakukan sebuah perbuatan, etika memberi norma tentang perbuatan itu sendiri. Etika menyangkut masalah apakah sebuah perbuatan boleh dilakukan atau tidak boleh dilakukan. Etika selalu berlaku walaupun tidak ada orang lain.

Karena orang yang beretika mendasarkan perbuatan dan tingkah lakunya pada nilai-nilai moral yang berlaku umum dan dorongan hati nurani yang tidak akan pernah bohong. Etika bersifat absolut, artinya tidak dapat ditawar–tawar lagi, kalau perbuatan baik mendapat pujian dan yang salah harus mendapat sanksi dan berlakunya, tidak tergantung pada ada atau tidaknya orang lain yang hadir. Seseorang yang selalu mendasarkan perbuatannya pada nilai moral dan suara hati nurani tidak mungkin akan munafik, sehingga walaupun ada atau tidak ada orang yang melihat perilakunya, ia akan tetap bertindak benar.

Jumat, 10 April 2009

Kabupaten Pasaman

Sejarah Kabupaten Pasaman
Nama Kabupaten Pasaman diambil dari nama sebuah gunung yang terdapat di daerah ini, yaitu gunung Pasaman. Selain itu juga terdapat sebuah sungai yang diberi nama Batang Pasaman.
Kata Pasaman sendiri berasal dari kata PASAMOAN yang berarti kesepakatan dan atau kesamaan pendapat antar golongan etnis penduduk yang mendiami wilayah Pasaman yaitu Minangkabau, Mandahiling dan Jawa (Merah Putih di persada Pasaman, Pemda Pasaman, Agustus 1955) Sebenarnya secara kultural cukup banyak perbedaan antar suku Minangkabau dan suku Mandahiling yang mendiamai daerah Pasaman.

Sejarah Teknik Komputer Jaringan

Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 menyatakan bahwa tujuan Pendirian Negara Republik Indonesia antara lain adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Sejalan dengan itu pasal 3 UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyatakan bahwa salah satu fungsi pendidikan nasional adalah untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Walaupun pembangunan pendidikan nasional yang dilaksanakan selama ini telah mencapai berbagai keberhasilan, namun masih menghadapi masalah dan tantangan yang cukup kompleks.

Permasalahan pendidikan dimaksud telah diidentifikasi dan dirumuskan dalam Rencana Strategis Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2005-2009, yaitu meliputi:

(1) masih rendahnya pemerataan dan akses pendidikan,
(2) masih rendahnya mutu, relevansi dan daya saing pendidikan, serta
(3) masih lemahnya tatakelola, akuntabilitas, dan citra publik pengelolaan pendidikan.

Mengacu pada amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, tercantum bahwa Pemerintah dan Pemerintah Daerah berhak mengarahkan, membimbing, membantu, dan mengawasi penyelenggaraan pendidikan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Untuk mengatasi permasalahan yang masih dihadapi tersebut, Rencana Strategis Departemen Pendidikan Nasional 2005-2009 telah merumuskan Tiga Pilar kebijakan umum pembangunan pendidikan nasional yaitu:

(1) peningkatan pemerataan dan perluasan akses pendidikan,
(2) peningkatan mutu, relevansi, dan daya saing pendidikan, serta
(3) penguatan tata kelola, akuntabilitas, dan citra publik pengelolaan pendidikan.

Ketiga pilar tersebut mendasari tercapainya visi pendidikan nasional yaitu membangun Insan Indonesia Cerdas dan Kompetitif. Dengan tidak mengesampingkan cita-cita luhur yang lain seperti penuntasan Wajib Belajar. Kita juga perlu mengungkit percepatan peningkatan mutu, relevansi, dan daya saing pada tataran lulusan setiap jenjang pendidikan.

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam beberapa tahun terakhir ini mengalami kemajuan yang sangat pesat, Pesatnya perkembangan ini harus diikuti dengan kemampuan Sumberdaya manusia yang memiliki kemampuan merancang, mengoperasikan, memelihara dan memperbaiki sistem Komputer dan Jaringan.

Kondisi saat ini, pada umumnya program pendidikan atau pelatihan dilakukan secara tatap muka, dimana siswa berkumpul mengadakan interaksi proses belajar mengajar, pendidikan atau pelatihan. Namun demikian terkadang muncul kendala-kendala yang tidak memungkinkan program pendidikan tatap muka dilaksanakan dengan baik. Salah satu kendala utama dalam melaksanakannya adalah lokasi geografis peserta didik yang tersebar dan tidak berada dalam wilayah yang sama dengan pendidikan atau guru. Kendala lokasi ini mengakibatkan timbulnya ketidakefisienan bila seseorang ingin mengikuti pendidikan atau pelatihan di lokasi geografis yang jauh. Ketidakefisienan timbul antara lain adalah dalam hal waktu, biaya, narasumber dan tenaga yang harus disediakan untuk mencapai lokasi pendidikan atau pelatihan.

Langkah strategis yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan kesulitan geografis tersebut, adalah dengan memanfaatkan Teknologi tersebut sebagai tools dalam proses pembelajaran dan tool manajemen pendidikan, maka penggunaan sistem dengan teknologi Informasi, komunikasi dan teknologi komputer serta multimedia adalah mutlak diterapkan pada dunia pendidikan. Belajar jarak jarak jauh baik secara on-line maupun off-line merupakan upaya yang harus dilakukan pada bidang pendidikan yang didukung oleh kedua teknologi di atas yaitu teknologi komunikasi komputer dan teknologi multimedia.

Departemen Pendidikan Nasional mulai tahun 1999, telah mengawali pengembangan dan penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi ini melalui Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan, yaitu dengan program Jarnet (Jaringan internet). Program ini adalah program penyediaan infrastruktur Teknologi Internet di SMK tertentu yang memenuhi persyaratan Program berikutnya adalah JIS (Jaringan Informasi Sekolah), yang menekankan peningkatan kualitas SDM dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi bagi Sekolah menengah di Kabupaten/Kota . Tahap ketiga yang dilakukan adalah menghubungkan seluruh Sekolah menengah yang ada di dalam Kabupaten/Kota menggunakan Teknologi WAN (Wide Area Network), program ini disebut dengan WAN Kota. Tahap akhir yang dilaksanakan adalah mengembangkan centra-centra teknologi Informasi dan Komunikasi di Tiap Kabupaten/Kota dalam bentuk ICT Center.

Berbekal pengalaman dan perkembangan yang terjadi, maka Departemen Pendidikan Nasional juga pada tahun 2006 sudah melakukan investasi pembangunan Jaringan Pendidikan Nasional yang disebut Jardiknas, yang menghubungkan 441 Dinas Pendidikan Kabupaten Kota, 441 ICT Center yang tersebar di Kabupaten Kota, 3374 Client ICT center, dan 33 Dinas Pendidikan Propinsi, 12 PPPG, 31 LPMP dan 5 BPPLSP, ke Pusat (Depdiknas), dengan harapan semua data dan informasi yang menyangkut Pendidikan dapat diakses dengan cepat dan akurat.

Jaringan ini membutuhkan SDM yang tangguh untuk menjaga, memperbaiki, dan merawat sehingga dibentuklah program TEKNISI JARDIKNAS yang salah satu tujuannya adalah menjaga dan memperbaiki dan merawat jejaring pendidikan nasional (Jardiknas).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar